RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SDN
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : 1 / I
Alokasi
Waktu : 9 X 35 menit (3X
tatap muka)
1.
Standar Kompetensi
|
: 1. Menghafal
Al Qur’an Surat pendek pilihan
|
2.
Kompetensi Dasar
|
: 1.
Melafalkan Q.S Al Fatihah dengan lancar
2. Menghafal Q.S Al Fatihah dengan lancar
|
3. Indikator
|
: * Melafalkan
* Menunjukkan Hafal surat Al
Fatihah
* Mendemontrasikan hafalan surat
Al Fatihah
|
4.
Materi Pembelajaran
|
Al Quran Surat Al Fatihah
|
5.
Strategi Pembelajaran :
a. Pertemuan I :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa memulai
pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a.
- Guru dan siswa tadarrus Al
Qur'an bersama-sama selama 5 – 10 menit
- Memberi motivasi kepada
siswa untuk menghadapi materi
- Pemberian tes awal :
- Siapa yang di rumah mengaji ?
- Siapa yang bisa membaca
|
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Fatihah ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara klasikal siswa melafalkan surat Al Fatihah
- Guru membenarkan bacaan
siswa yang kurang benar
- Secara kelompok siswa
melafalkan
- Guru menunjuk siswa yang
sudah mampu, untuk melafalkan
- Siswa secara bersama-sama
mengulang kembali bacaan surat Al Fatihah
|
Kegiatan
Akhir :
- Pemberian tes akhir lesan :
1.
Surat Al Fatihah ada berapa ayat ?
2. Bagaimana
bunyi
3.
Surat Al
Fatihah diturunkan dimana ?
- Pemberian tugas :
- Siswa disuruh berlatih surat Al
Fatihah dirumah dengan bantuan orang tua atau keluarga
- Selingan : lagu mari
belajar Al Qur'an ( mengaji )
- Sama siswa guru
mengakhiri pelajaran denngan bacaan hamdalah, do'a dan salam
|
b. Pertemuan II :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama
siswa memulai pelajaran dengnan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa
tadrrus
- Memberi motivasi
kepada sis untuk menghadapi materi
- Pemberian tes awal
:
- Siapa yang masih ingat pelajaran yang lalu,
-
Siapa yang sudah bisa melafalkan surat Al Fatihah ?
|
Kegiatan
inti
- Guru dan siswa melafalkan surat Al Fatihah
dengan benar dan lancar.
- Guru membetulkan hafalan siswa yang masih
kurang tepat
-
Secara
kelompok siswa menghafal surat Al Fatihah, berulang-ulang sampai hafal.
-
Menunjuk
beberapa siswa yang sudah hafal untuk mendemontrasikan hafalan surat Al
Fatihah, siswa yang lain menirukan.
|
kegiatan
akhir
- Pemberian tes akhir lesan :
- siswa secara klasikal
menghafal surat al Fatihah
- Pemberian tugas :
- siswa disuruh menghafal
surat al fatihah dan terjemahnya di rumah dengan batuan orang tua atau
keluarga lainnya
- Selingan, menyanyikan lagu
hamdalah
- Bersama siswa guru
mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, doa dan salam
|
c.
Pertemuan III :
Kegiatan Awal
-
Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan salam, baca basmalah dan do'a.
-
Guru dan siswa tadarus Al Qur'an bersama-sama
selama 5 – 10 menit
-
Pemberian motifasi kepada siswa untuk menghadapi materi.
-
Pemberian tes awal :
- Siapa yang sudah hafal
surat Al Fatihah
|
Kegiatan inti
- Secara klasikal siswa dan guru
menghafalkan surat Al Fatihah dengan benar.
- Secara individu siswa menghafalkan
- Dengan
bimbingan guru, siswa menyalin satu atau dua ayat dari
|
kegiatan
akhir
- Memberi penekanan pada
siswa agar menerapkan hafalan
- Mengakhiri dengan " Hamdalah, do'a dan
salam "
|
6.
Sumber /Alat/Bahan belajar
1. Al Qur'an/ Juz Amma
2. Buku PAI Kelas I
3. Guru PAI
4.
LKE.PAI
7.
Penilaian:
1. Proses ( dalam KBM )
2. Lesan
3. Tulis
4. Proyek
5.
Produk
Mengetahui,
Kepala
SD
Magetan
|
Magetan,
Guru PAI,
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : 1 / I
Alokasi
Waktu : 2 X 3 X 35 menit
1.
Standar Kompeten
|
: 2. Mengenal
rukun Iman
|
2.
Kompetensi Dasar
|
: 2.1 Beiman
dan mengenal enam rukun Iman
|
3. Indikator
|
: * Menyebutkan enam rukun Iman
* Menunjukkan
hafal rukun Iman
* Menunjukkan perilaku orang yang
beriman
|
4. Materi Pokok
|
: Rukun Iman
|
5.
Strategi Pembelajaran :
a. Pertemuan I :
Kegiatan Awal
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a
- Pemberian motivasi kepada siswa untuk menunjukkan perilaku orang
yang beriman
- Pemberian tes awal :
- Siapakah yang bisa menyebutkan enam
rukum iman ?
- Siapakan yang bisa menghafal enam rukun
iman ?
|
Kegiatan Inti :
- Guru menjelaskan tentang ciptaan Allah swt
melalui alam sekitar
- Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk menyebutkan ciptaan Allah yang ada di
lingkungan sekolah
- Mengajak siswa keliling sekitar sekolah
- Penjelasan singkat oleh guru mengenai rukun
iman siswa mendiskusikan jawaban lembar kerja
- Siswa mengkaji dan mengkomunikasikan meteri
rukun iman.
- Menugaskan siswa untuk menyebutkan rukun
Iman secara klasikal.
- Siswa
mempraktekkan secara kelompok, menyebutkan rukun Iman dengan bergiliran,
kelompok lain memperhatikan dan mengamati
- Siswa diminta maju ke depan kelas, bagi
yang sudah fahan dan hafal untuk menyebutkan rukun Iman beserta contoh cara
menyebutkannya.
- Guru
mengulang-ulang menyebutkan satu persatu dari rukun Iman dan siswa menirukan.
- Orang yang
beriman mempercayai di dalam hati, mengucapkan dengan lisan, mengamalkan
dengan perbuatan.
|
Kegiatan
Akhir :
- Pemberian tugas akhir :
- Apa arti Iman ?
-
Siapa yang menciptakan gunung ?
- Pemberian Tugas :
-
Siswa disuruh menghafal arti rukun Iman di rumah dengan bantuan orang tua
atau keluarga
- Selingan
yel-yel lagu denngan rukun Iman.
- Guru
mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam.
|
b.
Pertemuan II :
Kegiatan Awal :
-
Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan bacaan salam, basmalah, dan do'a.
-
Pemberian motivasi kepada siswa untuk menghadapi materi rukun Iman.
- Tes Awal :
Siapa yang masih ingat
pelajaran yang lalu tentang arti Iman ?
Siapa yang mengetahui tentang rukun
Iman ?
|
Kegiatan Inti :
-
Penjelasan singkat materi pokok rukun Iman
-
Siswa mengkaji dan mengkomunikasikan meteri
pokok rukun Iman.
- Siswa berulang-ulang
menghafalkan rukun Iman dengan baik, guru menanggapi dan mengamati bila ada ucapan siswa yang salah.
-
Setiap siswa berlatih untuk menghafalkan rukun iman dalam kelompoknya
masing-masing.
-
Guru menunjuk siswa untuk menghafal rukun Iman secara kelompok, yang lain
menanggapi
-
Guru bersama siswa membetulkan hafalan yang kurang tepat.
|
Kegiatan
Akhir :
- Guru menyimpulkan materi
pokok dalam bentuk rangkuman :
Rukun Iman ada 6
- Iman kepada Allah SWT
- Iman kepada Malaikat
- Iman kepada Rasul
- Iman kepada Kitab
- Iman kepada Hari Qiyamat
- Iman kepada Qodho dan Qodar
- Pemberian tes akhir lisan :
- Coba kamu sebutkan rukun
iman ada berapa ?
- Beberapa siswa secara bergantian maju ke depan kelas untuk
menghafalkan rukun Iman.
- Pemberian tugas :
- Siswa disuruh menghafalkan
rukun Iman secara berurutan
- Bagi yang belum hafal, dihafalkan di
rumah.
- Selinngan, yel-yel atau
lagu rukun Iman
-
Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan Hamdalah, do'a dan
salam.
|
6. Sumber / Alat /
bahan belajar
1.
Al Quran dan Terjemahnya
2.
Buku PAI Kelas I
3. Card Short rukun Iman
7. Penilaian:
1. Proses
2. Lesan
3. Tulis
4. Proyek
5. Produk
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan,
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : 1 / I
Alokasi
Waktu : 12 X 35 menit (4X
tatap muka)
1.
Standar Kompeten
|
: 3.
Membiasakan perilaku terpuji
|
2.
Kompetensi Dasar
|
: 3.1
Membiasakan perilaku jujur
3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
3.4 Membiasakan perilaku disiplin
|
3. Indikator
|
: * Menyebutkan keuntungan
orang jujur
* Menunjukkan sikap jujur
* Menjelaskan pengetian
tanggungjawab
* Menyebutkan contoh-contoh orang
yang bertanggungjawab
* Menunjukkan sikap orang yang
bertanggungjawab
* Menunjukkan sikap senang terhadap kebersihan
*Bersih badan, pakaian, tempat shalat, tempat tidur dan tempat
belajar
* Menyebutkan
keuntungan orang yang disiplin
* Menunjukkan sikap orang yang disiplin
|
4. Materi Pokok
|
: - Jujur
- Tanggungjawab
- Kebersihan
- Disiplin
|
5.
Skenario Pembelajaran :
a. Pertemuan I :
Kegiatan Awal :
-
Mengucapkan salam dan bero'a
-
Mengajak siswa membaca
- Appersepsi tentang materi
jujur, melalui Tanya jawab
|
Kegiatan
Inti :
- Menggali potensi dan pengalaman siswa yang berkaitan
dengan kejujuran
- Mengajak siswa berbuat jujur kepada : Allah, Diri
sendiri, Orang tua dan sesama.
- Salah satu siswa bermain peran sebagai anak yang
jujur.
- Siswa mengomentari hasil permainan peran.
- Menyebutkan akibat sikap ketidak jujuran.
-
Menyebutkan contoh-contoh orang bertanggung jawab.
- Siswa
mendemontrasikan sikap orang bertanggung jawab, siswa yang lain
memperhatikan, dan guru memberi acungan jempol dan teman-teman memberi tepuk
tangan
|
Kegiatan Akhir :
-
Guru mengajak siswa menyimpulkan nateri jujur dan tanggungjawab
- Guru memberi PR yang berkaitan dengan " jujur
dan Tanggungjawab "
- Bersama-sama
siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan "hamdalah, do'a
dan salam "
|
b. Pertemuan II :
Kegiatan Inti :
- Diawali dengan salam dan berdoa sebelum belajar
- Membaca
surat-surat pendek ( 5 – 10 menit )
-
Appersepsi tentang kompetensi dan materi yang dimiliki anak, yang berhubungan
dengan
“ Pentingnya kebersihan "
|
Kegiatan Inti :
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok,
dengan cara menghitung mulai 1,2,3,4,5, untuk mengamati tentang kebersihan
badan, pakaian, kelas dan halaman sekolah, menggunakan lembar pengamatan.
- Kelompok
yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
- Bersama siswa, guru menyimpulkan
keuntungan " hidup bersih "
dan akibat tidak menjaga kebersihan
|
Kegiatan Akhir :
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok,
dengan cara menghitung mulai 1,2,3,4,5, untuk mengamati tentang kebersihan
badan, pakaian, kelas dan halaman sekolah, menggunakan lembar pengamatan.
- Kelompok yang lain diberi kesempatan untuk
menanggapi.
- Bersama siswa, guru menyimpulkan
keuntungan " hidup bersih "
dan akibat tidak menjaga kebersihan
|
c.
Pertemuan III :
Kegiatan
Awal :
- Bersama siswa guru mulai pelajaran denngan
membaca basmalah dan do'a.
- Tadrrus bersama surat-surat pendek selama (
5-10 menit )
- Mengumpulkan PR pengamatan kebersihan
- Appersepsi
tentang pentingnya Disiplin.
|
Kegiatan
Inti :
-
Memasang gambar yang berkaitan dengan hidup disiplin seperti orang menyebeang
di zebra cross, kendaraan berhenti pada rambu-rambu lalulintas.
- Guru
memberi pertanyaan yang berhubungan dengan gambar.
- Guru
memberi penguatan kepada siswa, yang menjawab dengan benar dengan tepuk
tangan
- Siswa
dibentuk kelompok, masing-masing kelompok berdiskusi untuk mencari keuntungan
dari orang yang disiplin.
-
Masing-masing kelompok melaporkan hasil kerjanya, diwakili satu siswa,
kelompok lain menanggapi.
- Guru
membagikan 5 gambar tentang perilaku disiplin dan tidak disiplin pada
masing-masing kelompok.
- Tiap
kelompok memilih gambar yang berperilaku disiplin
- Memasang hasil pilihannya pada papan tulis.
|
Kegiatan Akhir :
-
Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi " Disiplin "
-
Guru memberi tugas kepada siswa untuk persiapan tertulis.
- Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalan, do'a
dan salam
|
d. Pertemuan IV :
Kegiatan Awal :
- Bersama siswa guru mulai pelajaran dengan membaca
basmalah, do'a dan salam.
- Tadrrus bersama-sama siswa selama ( 5-10 menit )
- Penjelasan
persiapan ulangan formatif
|
Kegiatan Inti :
- Siswa mengerjakan ulangan formatif
- Pembahasan jawaban soal ulangan
- Soal dikembangkan sendiri
|
Kegiatan Akhir :
- Pemberitahuan materi-materi yang akan dibahas Minggu
depan
- Bersama siswa guru mengakhiri
pelajaran denngan hamdalah dan salam
|
6.
Sumber/alat/bahan belajar :
1. Buku PAI
Kelas I
2. Halaman
Yang Bersih
3. Kelas yang
bersih .
7.
Penilaian :
1.
Penilaian Proses
2.
Tes Lesan
3.
Tes Tulis
4. Penugasan
5. Performance tes.
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SDN.Tulung 1 Kec. Kawedanan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
1 / I
Alokasi Waktu :
6 X 35 menit (2X tatap muka)
1.
Standar Kompeten
|
: 4. Mengenal tatacara
bersuci
|
2.
Kompetensi Dasar
|
: 4.1
Menyebutkan pengertian bersuci
4.2 Mencontoh tatacara bersuci
|
3. Indikator
|
:
* Menyebutkan macam-macam alat bersuci
* Mensucikan kubul dan dubur setelah buang
air kecil dan besar
*
Menunjukkan tatacara bersuci dengan benar
|
4. Materi Pokok
|
: Bersuci (Thaharah)
|
5. Skenario Pembelajaran :
a. Pertemuan I :
Kegiatan
Awal :
-
Mengkondisikan kelas/ruang belajar siap mulai belajar, misalnya: sikap siswa
siap mulai pelajaran.
- Mengawali dengan mengucapkan salam dan
berdo'a.
- Membaca Al Qur'an surat-surat pendek dengan
tartil ( 5 – 10 menit )
- Tanya jawab yang berkaitan dengan thaharah
|
Kegiatan
Inti :
-
Siswa secara klasikal diajak membaca buku
PAI, tentang Thaharah dengan suara nyaring
-
Tanya jawab tentang macam-macam alat yang dapat digunakan untuk bersuci dan
dikaitkan dengan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
- Secara kelompok siswa menunjukkan tentang macam-macam alat
bersuci.
-
Guru meluruskan jawaban kelompok yang kurang benar.
|
Kegiatan
Akhir :
-
Guru menyimpulkan hasil diskusi dan siswa menyalin.
-
Guru memberikan tugas untuk menghafal macam-macam alat yang dapat digunakan
untuk bersuci.
-
Pelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam.
|
b.
Pertemuan II :
Kegiatan
Awal :
-
Mengkondisikan kelas/ruang belajar siap mulai belajar, misalnya: sikap siswa
siap mulai pelajaran.
-
Mengawali denan mengucapkan salam dan berdo'a.
-
Membaca Al Qur'an surat-surat pendek dengan tartil ( 5 – 10 menit )
- Tanya jawab
tentang tata cara Bersuci.
|
Kegiatan
Inti :
- Mendemontrasikan
cara mensucikan kubul dan dubur setelah buang air kecil dan besar
( memakai peraga boneka dan alat-alat untuk bersuci )
- Siswa
secara kelompok/individu memperagakan secara bersama-sama.
- Menjelaskan
dan Tanya jawab tetntang adab ketika buang air kecil dan besar.
- Melafalkan do'a
masuk dan keluar WC.
- Guru membenahi bacaan
do'a masuk dan keluar WC yang kurang benar.
|
Kegiatan
Akhir :
- Guru menyimpulkan
tata cara bersuci yang benar dan siswa menyalin.
- Guru memberi
tugas untuk menghafalkan do'a ketika masuk dan keluar WC.
- Menugaskan siswa
untuk menerapkan cara bersuci dalam kehidupan sehari-hari.
- Pelajaran
diakhiri dengan bacaan Hamdalah, do'a dan salam.
|
6.
Sumber/alat/bahan belajar :
Buku PAI Kelas I
Boneka, alat bersuci.
7. Penilaian :
1. Proses
2. Tes Lesan
3. Tes Tulis
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : 1 / I
Alokasi
Waktu : 6 X 35 menit (2X
tatap muka)
1.
Standar Kompeten
|
: 5. Mengenal Rukun Islam
|
2.
Kompetensi Dasar
|
:
5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
5.2 Menghafal
Rukun Islam
|
3. Indikator
|
:
* Menyebutkan
*
Menunjukkan hafal lima rukun Islam
|
4. Materi Pokok
|
: Rukun Islam
|
5. Skenario Pembelajaran :
a.
Pertemuan I :
KEGIATAN AWAL
- Mengkondisikan
kelas / ruang belajar & sikap anak
- Salam., do'a
- Membaca Al Qur'an
- Mengaitkan materi
yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari
- Tanya jawab tentang rukun Islam
|
KEGIATAN INTI
- Menirukan ucapan rukun Islam secara klasikan
- Menirukan ucapan rukun Islam secara kelompok
- Mengucapkan rukun Islam secara individu
- Menunjuk murid satu persatu untuk menghafal ke depan kelas
- Memberi
tugas untuk menghafal di rumah
|
KEGIATAN AKHIR
- Guru menyimpulkan / menegaskan 5 urutan rukun Islam
- Guru menugaskan siswa untuk menghafal 5 rukun Islam di rumah.
- Pelajaran diakhiri dengan bacaan Hamdalan, do'a dan salam.
|
b. Pertemuan II :
KEGIATAN AWAL
- Mengkondisikan kelas / ruang belajar & sikap anak
- Salam, do'a
- Membaca Al Qur'an surat pendek, do'a sehari-hari ( 5
– 10 menit )
- Appersepsi
|
KEGIATAN INTI
- Menghafalkan rukun Islam klasikal dengan lagu
- Menyanyikan
rukun Islam secara kelompok.
- Menghafalkan lagu
Rukun Islam secara individu ke depan kelas ( acak yang sudah hafal )
- Memberikan
evaluasi dengan permainan kartu urutan 5 rukun Islam
-Mengerjakan LKS secara kelompok.
|
KEGIATAN AKHIR
- Guru bersama murid menghafalkan rukun Islam secara
klasikan dan urut
- Mengulang kembali lagu lima rukun Islam.
- Menugaskan kepada untuk menghafal urutan rukun Islam
denan lagu
|
6.Sumber/alat/bahan
belajar
- Buku PAI Kelas I
2.
Peraga tulisan/Tulisan urutan rukun Islam
7. Penilaian
1. Proses
2. Tes Tulis
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata
Pelajaran : Pendidikan Agama
Islam
Kelas
/ Semester : 1 / II
Alokasi
Waktu : 12 X 35 menit (4X
tatap muka)
Standar
Kompetensi : 6. Menghafal Al Quran
Surat Surat
Pendek
. Kompetensi Dasar
|
: 6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
6.2 Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
6.3 Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
|
3. Indikator
|
: * Melafalkan
* Menunjukkan hafal
* Mengulang-ulang hafalan surat Al Kautsar
* Melafalkan
surat An Nashr
* Menunjukkan hafal
* Mengulang-ulang hafalan
* Melafalkan
surat Al Ashr
* Menunjukkan hafal
* Mengulang-ulang hafalan
|
4. Materi Pokok
|
: Q.S Al Kautsar
Q.S. Al Nashr
Q.S An ‘Ashr
|
5. Skenario Pembelajaran :
a.
Pertemuan I :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mulai
pelajaran dengan salam, basnalah dan do'a
- Guru
dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-
Memberi motovasi kepada siswa untuk menghadapi materi surat Al Kautsar
-
Pemberian tes awal :
- Siapa yang dirumah mengaji ?
- Siapa yang bias membaca surat Al
Kautsar ?
|
II.Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Kautsar ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara
klasikal siswa melafalkan surat Al Kautsar
- Guru membetulkan
bacaan siswa yang kurang benar
- Siswa berlatih
melafalkan
- Guru menunjuk
siswa untuk melafalkan
|
III.Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir lesan :
Surat Al Kautsar diturunkan di
mana ?
Surat Al kautsar ada berapa
ayat
- Pemberian tugas :
Siswa disuruh menghafal surat Al Kautsar
di rumah dengan bantuan orang tua atau
keluarga lainnya.
- Selingan lagu hamdalah
- Bersama siswa guru mengakhiri
pelajaran dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam
|
b. Pertemuan II :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa
memulai pelajaran dengan bacaan salam, basmallah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus
Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-
Memberian motivasi kepada siswa untuk menghadapi materi
-
Pemberian tes awal :
- Siapa yang sudah pernah membaca
|
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat An Nashr ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara
klasikal siswa melafalkan surat An Nashr dengan benar
- Guru membenarkan
bacaan siswa yang kurang benar
- Secara kelompok
siswa melafalkan
- Guru menunjuk
siswa untuk melafalkan
|
Kegiatan
Akhir :
-
Pemberian tes akhir lesan :
- Coba kamu hafalkan
|
c.Pertemuan III :
Kegiatan Awal:
- Guru bersama siswa
mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an
bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memotivasi siswa untuk menerima materi
-
Appersepsi :
-
Siapa yang bisa atau pernah membaca surat Al Ashr
|
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Ashr ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara
klasikal siswa melafalkan surat Al Ashr dengan benar
- Guru membenarkan
bacaan siswa yang kurang benar
- Secara kelompok
siswa melafalkan
- Guru menunjuk
siswa untuk melafalkan
- Siswa secara
klasikal mengulang kembali melafalkan
|
Kegiatan Akhir :
- Pemberian Tes Lesan :
- Coba hafalkan surat Al Ashr
- Berapa jumlah ayat surat Al Ashr ?
- Pemberian Tugas :
- Menugasi siswa untuk menghafalkan
keluarga.
-
Bersama siswa guru mengakhir pelajaran dengan hamdalah, do'a dan salam
|
d.Pertemuan IV :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa
mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
-
Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-
Memotivasi siswa untuk menerima materi
-
Appersepsi :
- Siapa yang bisa atau pernah membaca
surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr
|
Kegiatan Inti :
- Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan
- Secara klasikal siswa
dengan guru menghafalkan surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr dengan benar
-
Secara individu siswa menghafalkan
|
Kegiatan Akhir :
- Memberikan penekanan pada
siswa agar menerapkan hafalan surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr dalam
pengamalan shalat sehari - hari
|
6. Sumber/Alat/Bahan pelajaran
:
-
Al Qur'an dan Terjemahnya
-
Buku PAI Kelas I
- Guru PAI
7. Penilaian :
- Tes Lesan
- Tes Proses
- Tes Tulis
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
1 / II
Alokasi Waktu :
6 X 35 menit (2X tatap
muka)
1. Standar Kompeten
|
: 7. Mengenal dua kalimat syahadat
|
2. Kompetensi Dasar
|
: 7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat
rasul
7.2
Menghafal dua kalimat syahadat
7.3 Mengartikan dua kalimat syahadat
|
3. Indikator
|
|
4. Materi Pokok
|
: Syahadatain
|
5. Skenario Pembelajaran :
a.
Pertemuan I :
Kegiatan
Awal :
-
Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
-
Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-
Memotivasi siswa agar siap menghadapi dan menerima pelajaran baru
-
Appersepsi :
- Siapa yang sudah bisa melafalkan dua
kalimat syahadat ?
- Apa arti dari dua kalimat syahadat
itu ?
-
Selingan yel-yel atau lagu : syahadat dan aku bersaksi
|
Kegiatan Inti :
- Penjelasan singkat oleh
guru materi " Dua Kalimat Syahadat "
- Guru menggantungkan
peraga yang berisi tulisan dua kalimat syahadat
- Guru
membaca materi dua kalimat syahadat, siswa menirukan
-
Siswa membentuk kelompok
-
Setiap siswa berlatih melafalkan dua kalimat syahadat dalam kelompoknya
masing- masing, guru mengamati.
-
Salah satu siswa mewakili kelompoknya untuk melafalkan dua kalimat syahadat
dan kelompok yang lain menanggapi.
-
Guru membetulkan bacaan dua kalimat syahadat yang kurang tepat
-
Guru bersama siswa secara klasikal mengulang kembali bacaan dua kalimat
syahadat
- Guru menyimpulkan materi
dua kalimat syahadat.
|
Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir secara lesan :
1. Apa arti syahadataian
2. Asyhadu Alla Ilaha Illallah disebut
bacaan syahadat apa ?
3. Bagaimana bacaan syahadat rasul itu ?
-
Pemberian tugas : Siswa diberi tugas untuk menghafalkan dua kalimah syahadat
di rumah.
-
Selingan yel-yel atau lagu-lagu syukur / hamdalah
-
Bersama siswa, guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdo'a dan
salam.
|
b.
Pertemuan II :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa
mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
-
Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-
Memotivasi siswa agar siap menerima pelajaran dua kalimah syahadat.
-
Pemberian tes awal :
- Siapa yang sudah hafal dua kalimat
syahadat ?
-
Bagaimana bacaan syahadat Tauhid
?
|
Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat materi
dua kalimat syahadat.
- Siswa mendiskusikan jawaban
lembar kerja
-
Masing-masing kelompok membacakan/melafalkan hasil kerjanya, kelompok yang
lain menanggapi.
-
Bersama-sama siswa guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.
-
Setiap siswa berlatih menghafalkan dua kalimah syahadat.
-
Salah satu siswa mewakili kelompoknya mendemontrasikan dua kalimat syahadat,
kelompok lainnya menanggapi.
-
Guru dan siswa membetulkan hafalan yang kurang tepat.
-Guru
bersama siswa menyimpulkan materi pokok pelejaran.
|
Kegiatan Akhir
- Guru menekankan kepada
siswa untuk menghafalkan kembali dua kalimat syahadat beserta artinya di rumah.
- Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran
dengan bacaan hamdalah, berdo'a dan salam.
|
6. Sumber / Alat / Bahan Pelajaran
- Tulisan Lafal Syahadatain
- Buku PAI kelas I
7. Penilaian
1. Proses
2. Lesan
3.
Tulis
4. Proyek
5. Produk
|
Magetan,
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
1 / II
Alokasi Waktu :
12 X 35 menit (4X
tatap muka)
1.
Standar Kompeten
|
: 8. Membiasakan perilaku terpuji
|
2. Kompetensi Dasar
|
: 8.1 Menampilkan perilaku rajin
8.2
Menampilkan perilaku tolong-menolong
8.3
Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.4
Menampilkan adab makan dan minum
8.5 Menampilkan adab belajar
|
3. Indikator
|
·
Menunjukkan
sikap rajin
·
Menyebutkan keuntungan orang yang rajin
·
Menyebutkan manfaat tolong menolong
·
Menunjukkan sikap senang menyantuni orang yang
tidak mampu
·
Menunjukkan rasa hormat terhadap orang tua
·
Menunjukkan kesabaran ketika merawat orang tua diwaktu sakit
·
Mendo'akan kedua orang tua
·
Membaca basmalah dan do'a sebelum dan sesudah
makan dan minum
·
Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
·
Menggunakan tangan kanan saat makan dan minum,
tidak tergesa-gesa, dan tidak berlebihan
·
Berdo'a
sebelum dan sesudah belajar
·
Mengulang
pelajaran
|
4. Materi Pokok
|
: Perilaku terpuji
- Rajin
- Tolong menolong
- Hormat terhadap orang tua
- Adab makan dan minum
- Adab belajar
|
5. Skenario Pembelajaran :
a.
Pertemuan I :
Kegiatan Awal
- Guru dan siswa mengawali pelajaran dengan
membaca Basmalah
- Guru bersama siswa tadarrus Al Qur'an
selama 5-10 menit .
-
Appersepsi tentang materi rajin dan tolong menolong
|
Kegiatan
Inti
- Siswa bersama guru membahas tentang rajin dan tolong
menolong.-
- Tanya jawab tentang pentingnya rajin dan tolong
menolong
- Diskusi kelompok akibat malas
dan tidak tolong menolong.
- Menyebutkan kegiatan positif anak di rumah
|
Kegiatan
Akhir
-
Bersama siswa guru menyimpulkan materi rajin dan tolong menolong.
- Guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan
hamdalah, do'a dan salam.
|
b.
Pertemuan II :
Kegiatan
Awal
-
Bersama siswa guru mengawali pelajaran denngan basmalah & berdo'a
- Tadarrus Al Qur'an selama 5-10 menit
- Pemberian motovasi menghadapi materi hormat kepada orang tua.
|
Kegiatan Inti
- Menggali potensi,
pengalaman siswa yang berhubungan dengan hormat kepada orang tua.
- Bermain peran sebagai orang tua dan anak.
- Tanya jawab tentang hasil permainan peran.
- Bimbingan do'a terhadap orang tua
- Penguatan materi tentang hormat kepada orang tua (
Cerita Al Qomah )
|
Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan materi hormat kepada orang tua.
- Menyanyikan lagu, misalnya kasih ibu.
- Tugas
membawa makanan untuk pertemuan yang akan datang.
-
Mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam.
|
c.
Pertemuan III :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mengawali dengan mengucapkan Salam
dan Basmalah serta berdo'a.
- Guru mengajak
siswa untuk melihat gambar seorang anak yang sedang makan dan minum.
- Tanya jawab tentang adab makan dan minum
|
Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat tentang adab makan dan minum
- Guru membaca doa sebelum makan dengan benar untuk
ditirukan siswa secara langsung.
- Guru
memberikan lembar tugas kelompok dan masing-masing kelompok menulis adab
makan dan minum.
- Guru dan
siswa menyimpulkan hasil keja siswa.
- Peragaan adab
amakan dan minum
- Penilaian
hasil kerja siswa
- Kesimpulan
akhir dalam bentuk rangkuman tentang adab makan dan minum.
|
Kegiatan Akhir
- Pemberian tugas rumah menghafalkan doa sebelum & sesudah makan dan
mempraktekkan adab makan dan minum.
- Bersama siswa, guru
mengakhiri pelajaran dengan bacaan Hamdalah dan salam.
|
d.
Pertemuan IV :
Kegiatan Awal
- Guru bersama
siswa mengawali pelajaran dengan bacaan salam, Basmalah dan berdo'a
- Menyanyi " Lagu wajib Belajar "
- Appersepsi :
|
Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat tentang materi belajar.
- Bimbingan membaca do'a sebelum dan sesudah belajar
- Siswa membaca do'a satu persatu dengan artinya atas
bimbingan guru
- Mengerjakan lembar kerja dalam kelompok yang
berhubungan dengan adab belajar
-
Masing-masing kelompok melaporkan hasil kerjanya, dan kelompok lain
menanggapi.
-
Pengklasifikasian dan penilaian hasil kerja kelompok.
-
Pemajangan hasil kerja kelompok.
-
Guru bersama siswa menyimpulkan materi adab belajar dalam bentuk rangkuman.
|
Kegiatan Akhir
- Pemberitahuan ulang formatif pada pertemuan yang akan
datang.
- Menyanyikan lagu " Hamdalah "
- Guru bersama siswa mengakhiri pelajaran dengan bacaan
Hamdalah, berdoa dan salam.
|
6.
Sumber/Alat/Bahan Pelajaran:
- Buku
PAI Kelas I
- Guru
PAI
7. Penilaian
:
- Tes Tulis
-
Penugasan
-
Performence
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan,
Guru PAI
|
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah :
SD
Mata Pelajaran :
Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester :
1 / II
Alokasi Waktu :
9 X 35 menit (3X
tatap muka)
1. Standar Kompeten
|
: 9. Membiasakan
bersuci (thaharah)
|
2. Kompetensi Dasar
|
: 9.1 Menyebutkan tata cara berwudlu
9.2
Mempraktekkan tata cara berwudlu
|
3. Indikator
|
: *
Melafalkan niat berwudhu
*
Menyebutkan urutan berwudhu
dengan tertib
*
Praktek berwudlu
|
4. Materi Pokok
|
: Bersuci / Thaharah /
Berwudhu
|
5. Skenario Pembelajaran :
a. Pertemuan I :
Kegiatan
Awal
- Mengkondisikan ruang kelas / ruang belajar
dan sikap anak.
- Guru mengawali
pelajaran dengan mengucap salam dan do'a
-
Membaca Al Qur'an surat-surat pendek, do'a sehari-hari ( 5 – 10 menit )
-
Mengkaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari
- Tanya
jawab tentang berwudhu.
|
Kegiatan
Inti
- Guru memberi contoh yang baik cara membaca
niat wudhu
- Siswa mendengarkan sambil
memperhatikan dengan tekun penjelasan guru tentang : Rukun Wudhu.
- Siswa menyebutkan rukun
wudhu secara berurutan, guru mengadakan tanya jawab tentang rukun wudhu.
- Guru melanjutkan penjelasan tentang "
sunah wudhu "
- Guru menjelaskan denan memperagakan satu
persatu urutan wudhu
- Guru mengajak siswa untuk
bersama-sama menirukan urutan wudhu berulang-ulang secara klasikal /individu
|
Kegiatan
Akhir
- Tugas
: - Siswa diharapkan meminta bantuan kepada orang tua tentang berwudhu yang
benar.
|
b. Pertemuan II :
Kegiatan Awal :
-
Guru menciptakan situasi belajar
mengajar dengan memberikan motivasi agar siswa siap menghadapi dan menerima
pelajaran
- Guru mengawali pelajaran dengan mengucap salam, do'a bersama-sama
dengan siswa.
|
Kegiatan Inti
- Membentuk
kelompok untuk mengingat kembali urutan wudhu
- Guru membantu dan
membenarkan dengan mengulang kembali
- Siswa mampu menghafal
urutan wudhu, guru melanjutkan dengan praktek wudhu.
- Guru memberi contoh, siswa
memperhatikan dan menirukan.
- Guru mengadakn tanya jawab
kepada siswa tentang urutan wudhu yang baik dan benar.
|
Kegiatan Akhir
- Siswa di rumah diharapkan mempraktekkan wudhu dengan
bantuan orang tua
- Siswa dianjurkan berwudhu setia mandi
-
Siswa dianjurkan berwudhu sesuai dengan rukun dan sunahnya.
|
c. Pertemuan III :
Kegiatan Awal
- Mengkondisikan ruang kelas/ruang belajar dan sikap
anak.
- Salam dan do'a
- Membaca Al Qur'an surat – surat pendek dan do'a
sehari-hari ( 5 – 10 menit )
-
Appersepsi
|
Kegiatan Inti
- Mengulang kembali niat wudhu secara klasikal
- Mengulang kembali gerakan urutan wudhu secara
klasikal ( rukun dan sunahnya )
- Mengajak siswa untuk memperhatikan guru memberi
contoh praktek wudhu di tempat wudhu.
- Secara acak siswa ditunjuk untuk mempraktekkan wudhu.
-
Mengerjakan LKS
|
Kegiatan Akhir
- Mengugaskan siswa untuk mempraktekkan wudhu di rumah
dibawah bimbingan orang tua dengan
benar.
|
6.Sumber
/ Alat / Bahan Pelajaran
-
Buku
PAI Kelas I
-
BukuTuntunan
wudhu
-
Gambar
orang wudhu
- CD orang berwudhu
7.
Penilaian
- Proses
- Praktek
- Tulis
Mengetahui,
Kepala SD
|
Magetan
Guru PAI
|
NB. Harap ditambah : Tujuan Pembelajaran untuk tiap – tiap SK.
Diletakkan dibawah indikator !
Tidak ada komentar:
Posting Komentar