Rabu, 16 Januari 2013

contoh prota PAI SD kelas 1


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SDN                                
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / I
Alokasi Waktu               : 9 X 35 menit (3X tatap muka)

1. Standar Kompetensi
: 1. Menghafal Al Qur’an Surat pendek pilihan
2. Kompetensi Dasar
: 1. Melafalkan Q.S Al Fatihah dengan lancar
  2. Menghafal  Q.S Al Fatihah dengan lancar
                       
3. Indikator       
: * Melafalkan surat Al Fatihah
  * Menunjukkan Hafal surat Al Fatihah
  * Mendemontrasikan hafalan surat Al Fatihah

4. Materi Pembelajaran
Al Quran Surat Al Fatihah

5. Strategi Pembelajaran            :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a.
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama selama 5 – 10 menit
- Memberi motivasi kepada siswa untuk menghadapi materi surat Al Fatihah
- Pemberian tes awal :
    - Siapa yang di rumah mengaji ?
    - Siapa yang bisa membaca surat Al Fatihah ?
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Fatihah ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara klasikal siswa melafalkan surat Al Fatihah
- Guru membenarkan bacaan siswa yang kurang benar
- Secara kelompok siswa melafalkan surat Al Fatihah
- Guru menunjuk siswa yang sudah mampu, untuk melafalkan surat Al Fatihah, siswa yang  lain mengikuti.
-  Siswa secara bersama-sama mengulang kembali bacaan surat Al Fatihah
Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir lesan :
  1.    Surat Al Fatihah ada berapa ayat ?
2.       Bagaimana bunyi surat Al Fatihah ayat ke 2 ?
3.       Surat Al Fatihah diturunkan dimana ?
- Pemberian tugas :
  - Siswa disuruh berlatih surat Al Fatihah dirumah dengan bantuan orang tua atau keluarga
- Selingan : lagu mari belajar Al Qur'an ( mengaji )
- Sama siswa guru mengakhiri pelajaran denngan bacaan hamdalah, do'a dan salam

            b. Pertemuan II              :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengnan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa tadrrus surat Al Qur'an bersama-sama (  5 – 10 menit )
- Memberi motivasi kepada sis untuk menghadapi materi surat Al Fatihah
- Pemberian tes awal :
 -  Siapa yang masih ingat pelajaran yang lalu, surat Al Fatihah, ada berapa ayat.
 -  Siapa yang sudah bisa melafalkan surat Al Fatihah ?



Kegiatan inti
-   Guru dan siswa melafalkan surat Al Fatihah dengan benar dan lancar.
-   Guru membetulkan hafalan siswa yang masih kurang tepat
-      Secara kelompok siswa menghafal surat Al Fatihah, berulang-ulang sampai hafal.
-      Menunjuk beberapa siswa yang sudah hafal untuk mendemontrasikan hafalan surat Al Fatihah, siswa yang lain menirukan.
kegiatan akhir
Pemberian tes akhir lesan :
    - siswa secara klasikal menghafal surat al Fatihah
- Pemberian tugas :
   - siswa disuruh menghafal surat al fatihah dan terjemahnya di rumah dengan batuan orang tua atau keluarga lainnya
   - Selingan, menyanyikan lagu hamdalah
   - Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, doa dan salam

c. Pertemuan III             :                                              
Kegiatan Awal
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan salam, baca basmalah dan do'a.
- Guru dan siswa tadarus Al Qur'an bersama-sama  selama 5 – 10 menit
- Pemberian motifasi kepada siswa untuk menghadapi materi.
- Pemberian tes awal :
    - Siapa yang sudah hafal surat Al Fatihah
Kegiatan inti
-   Secara klasikal siswa dan guru menghafalkan surat Al Fatihah dengan benar.
-   Secara individu siswa menghafalkan surat Al Fatihah dengan lancar dan benar
-      Dengan bimbingan guru, siswa menyalin satu atau dua ayat dari surat Al Fatihah
kegiatan akhir
- Memberi penekanan pada siswa agar menerapkan hafalan surat Al Fatihah dalam kehidupan sehari-hari, untuk mengawali  dan mengakhiri segala kegiatan yang baik
-  Mengakhiri dengan " Hamdalah, do'a dan salam "

6. Sumber /Alat/Bahan belajar
    1. Al Qur'an/ Juz Amma
    2. Buku PAI Kelas I
    3. Guru PAI
    4.   LKE.PAI
7. Penilaian:                             
1. Proses ( dalam KBM )
2. Lesan
3. Tulis
4. Proyek
5. Produk
                                   

Mengetahui,
Kepala SD                                      Magetan


Magetan,                
Guru PAI,







































RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                                                
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / I
Alokasi Waktu               : 2 X 3 X 35 menit

1. Standar Kompeten
: 2. Mengenal rukun Iman
2. Kompetensi Dasar
: 2.1 Beiman dan mengenal enam rukun Iman
                       
3. Indikator       
: * Menyebutkan enam rukun Iman
 * Menunjukkan hafal rukun Iman
 * Menunjukkan perilaku orang yang beriman

4. Materi Pokok
: Rukun Iman

5. Strategi Pembelajaran            :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan salam dan berdo’a
- Pemberian motivasi kepada siswa untuk menunjukkan perilaku orang yang beriman
- Pemberian tes awal :
    - Siapakah yang bisa menyebutkan enam rukum iman ?
    - Siapakan yang bisa menghafal enam rukun iman ?
Kegiatan Inti :
-  Guru menjelaskan tentang ciptaan Allah swt melalui alam sekitar
- Guru memberikan tugas kepada siswa untuk menyebutkan ciptaan Allah yang ada di lingkungan  sekolah
-  Mengajak siswa keliling sekitar sekolah
-  Penjelasan singkat oleh guru mengenai rukun iman siswa mendiskusikan jawaban lembar kerja
-  Siswa mengkaji dan mengkomunikasikan meteri rukun iman.
-  Menugaskan siswa untuk menyebutkan rukun Iman secara klasikal.
- Siswa mempraktekkan secara kelompok, menyebutkan rukun Iman dengan bergiliran, kelompok lain memperhatikan dan mengamati
-  Siswa diminta maju ke depan kelas, bagi yang sudah fahan dan hafal untuk menyebutkan rukun Iman beserta contoh cara menyebutkannya.
-  Guru mengulang-ulang menyebutkan satu persatu dari rukun Iman dan siswa menirukan.
-  Orang yang beriman mempercayai di dalam hati, mengucapkan dengan lisan, mengamalkan dengan perbuatan.
 Kegiatan Akhir :
  - Pemberian tugas akhir :
  - Apa arti Iman ?
       - Siapa yang menciptakan gunung ?
  - Pemberian Tugas :
  - Siswa disuruh menghafal arti rukun Iman di rumah dengan bantuan orang tua atau keluarga
  - Selingan yel-yel lagu denngan rukun Iman.
  - Guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam.






b. Pertemuan II                          :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan bacaan salam, basmalah, dan do'a.
- Pemberian motivasi kepada siswa untuk menghadapi materi rukun Iman.
-  Tes Awal :
       Siapa yang masih ingat pelajaran yang lalu tentang arti Iman ?
       Siapa yang mengetahui tentang rukun Iman ?
       Ada berapa rukun Iman ?
Kegiatan Inti :
- Penjelasan singkat materi pokok rukun Iman
- Siswa mengkaji dan mengkomunikasikan meteri  pokok rukun Iman.
- Siswa berulang-ulang menghafalkan rukun Iman dengan baik, guru menanggapi dan  mengamati bila ada ucapan siswa yang salah.
- Setiap siswa berlatih untuk menghafalkan rukun iman dalam kelompoknya masing-masing.
- Guru menunjuk siswa untuk menghafal rukun Iman secara kelompok, yang lain menanggapi
- Guru bersama siswa membetulkan hafalan yang kurang tepat.
 Kegiatan Akhir :
- Guru menyimpulkan materi pokok dalam bentuk rangkuman :
      Rukun Iman ada 6
      - Iman kepada Allah SWT
      - Iman kepada Malaikat
      - Iman kepada Rasul
      - Iman kepada Kitab
      - Iman kepada Hari Qiyamat
      - Iman kepada Qodho dan Qodar
- Pemberian tes akhir lisan :
   - Coba kamu sebutkan rukun iman ada berapa ?
- Beberapa siswa secara bergantian maju ke depan kelas untuk menghafalkan rukun Iman.
- Pemberian tugas :
   - Siswa disuruh menghafalkan rukun Iman secara berurutan
   - Bagi yang belum hafal, dihafalkan di rumah.
- Selinngan, yel-yel atau lagu rukun Iman
- Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan Hamdalah, do'a dan salam.
  

6. Sumber / Alat / bahan belajar
1.       Al Quran dan Terjemahnya
2.       Buku PAI Kelas I
3.   Card Short rukun Iman
7. Penilaian:
               1. Proses
               2. Lesan
               3. Tulis
               4. Proyek
               5. Produk
           


Mengetahui,
Kepala SD                                      

            Magetan,                
Guru PAI


































RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                                      
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / I
Alokasi Waktu               : 12 X 35 menit (4X tatap muka)

1. Standar Kompeten
: 3. Membiasakan perilaku terpuji
2. Kompetensi Dasar
: 3.1 Membiasakan perilaku jujur
  3.2 Membiasakan perilaku bertanggung jawab
  3.3 Membiasakan perilaku hidup bersih
  3.4 Membiasakan perilaku disiplin
                       
3. Indikator       
: * Menyebutkan keuntungan orang jujur
  * Menunjukkan sikap jujur
  * Menjelaskan pengetian tanggungjawab
  * Menyebutkan contoh-contoh orang yang bertanggungjawab
  * Menunjukkan sikap orang yang bertanggungjawab
  * Menunjukkan sikap senang terhadap kebersihan
  *Bersih badan, pakaian,  tempat shalat, tempat tidur dan tempat belajar
  * Menyebutkan keuntungan orang yang disiplin
  * Menunjukkan sikap orang  yang disiplin

4. Materi Pokok
:     - Jujur
      - Tanggungjawab
      - Kebersihan
      - Disiplin

5. Skenario Pembelajaran           :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal :
- Mengucapkan salam dan bero'a
- Mengajak siswa membaca surat pendek dengan tartil selama ( 5 – 10 menit )
- Appersepsi tentang materi jujur, melalui Tanya jawab
Kegiatan Inti :
- Menggali potensi dan pengalaman siswa yang berkaitan dengan kejujuran
- Mengajak siswa berbuat jujur kepada : Allah, Diri sendiri, Orang tua dan sesama.
- Salah satu siswa bermain peran sebagai anak yang jujur.
- Siswa mengomentari hasil permainan peran.
- Menyebutkan akibat sikap ketidak jujuran.
- Menyebutkan contoh-contoh orang bertanggung jawab.
-    Siswa mendemontrasikan sikap orang bertanggung jawab, siswa yang lain memperhatikan, dan guru memberi acungan jempol dan teman-teman memberi tepuk tangan
Kegiatan Akhir :
- Guru mengajak siswa menyimpulkan nateri jujur dan tanggungjawab
- Guru memberi PR yang berkaitan dengan " jujur dan Tanggungjawab "
-    Bersama-sama siswa dan guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan "hamdalah, do'a dan   salam "




b. Pertemuan II              :
Kegiatan Inti :
- Diawali dengan salam dan berdoa sebelum belajar
- Membaca surat-surat pendek ( 5 – 10 menit )
- Appersepsi tentang kompetensi dan materi yang dimiliki anak, yang berhubungan dengan
  “ Pentingnya kebersihan "
Kegiatan Inti :
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, dengan cara menghitung mulai 1,2,3,4,5, untuk mengamati tentang kebersihan badan, pakaian, kelas dan halaman sekolah, menggunakan lembar pengamatan.
 - Kelompok  yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
 - Bersama siswa, guru menyimpulkan keuntungan  " hidup bersih " dan akibat tidak menjaga kebersihan
Kegiatan Akhir :
- Siswa dibagi menjadi 5 kelompok, dengan cara menghitung mulai 1,2,3,4,5, untuk mengamati tentang kebersihan badan, pakaian, kelas dan halaman sekolah, menggunakan lembar pengamatan.
- Kelompok  yang lain diberi kesempatan untuk menanggapi.
- Bersama siswa, guru menyimpulkan keuntungan  " hidup bersih " dan akibat tidak menjaga kebersihan

c. Pertemuan III             :
Kegiatan Awal :
- Bersama siswa guru mulai pelajaran denngan membaca basmalah dan do'a.
- Tadrrus bersama surat-surat pendek selama ( 5-10 menit )
- Mengumpulkan PR pengamatan kebersihan
-    Appersepsi tentang pentingnya Disiplin.
Kegiatan Inti :
- Memasang gambar yang berkaitan dengan hidup disiplin seperti orang menyebeang di zebra cross, kendaraan berhenti pada rambu-rambu lalulintas.
- Guru memberi pertanyaan yang berhubungan dengan gambar.
- Guru memberi penguatan kepada siswa, yang menjawab dengan benar dengan tepuk tangan
- Siswa dibentuk kelompok, masing-masing kelompok berdiskusi untuk mencari keuntungan dari orang yang disiplin.
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil kerjanya, diwakili satu siswa, kelompok lain menanggapi.
- Guru membagikan 5 gambar tentang perilaku disiplin dan tidak disiplin pada masing-masing kelompok.
 - Tiap kelompok memilih gambar yang berperilaku disiplin
-    Memasang hasil pilihannya pada papan tulis.
Kegiatan Akhir :
- Guru dan siswa bersama-sama menyimpulkan materi " Disiplin "
- Guru memberi tugas kepada siswa untuk persiapan tertulis.
- Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalan, do'a dan salam

d. Pertemuan IV                        :
Kegiatan Awal :
- Bersama siswa guru mulai pelajaran dengan membaca basmalah, do'a dan salam.
- Tadrrus bersama-sama siswa selama ( 5-10 menit )
- Penjelasan persiapan ulangan formatif
Kegiatan Inti :
- Siswa mengerjakan ulangan formatif
- Pembahasan jawaban soal ulangan
- Soal dikembangkan sendiri

Kegiatan Akhir :
- Pemberitahuan materi-materi yang akan dibahas Minggu depan
- Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran denngan hamdalah dan salam

6. Sumber/alat/bahan belajar :
1.       Buku PAI Kelas I
2.       Halaman Yang Bersih
3.       Kelas yang bersih .

7. Penilaian :
1. Penilaian Proses
2. Tes Lesan
3. Tes Tulis
4. Penugasan
5. Performance tes.



Mengetahui,
Kepala SD                                       



            Magetan                
Guru PAI















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SDN.Tulung 1 Kec. Kawedanan                              
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / I
Alokasi Waktu               : 6 X 35 menit (2X tatap muka)

1. Standar Kompeten
: 4. Mengenal tatacara bersuci
2. Kompetensi Dasar
: 4.1 Menyebutkan pengertian bersuci
  4.2 Mencontoh tatacara bersuci
                       
3. Indikator       
: *  Menyebutkan macam-macam alat bersuci
  * Mensucikan kubul dan dubur setelah buang air kecil    dan besar
  *  Menunjukkan tatacara bersuci dengan benar

4. Materi Pokok
: Bersuci (Thaharah)
                                                 
5. Skenario Pembelajaran           :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal :
- Mengkondisikan kelas/ruang belajar siap mulai belajar, misalnya: sikap siswa siap mulai   pelajaran.
-  Mengawali dengan mengucapkan salam dan berdo'a.
-  Membaca Al Qur'an surat-surat pendek dengan tartil ( 5 – 10 menit )
-  Tanya jawab yang berkaitan dengan thaharah
Kegiatan Inti :
- Siswa secara klasikal diajak membaca buku  PAI, tentang Thaharah dengan suara nyaring
- Tanya jawab tentang macam-macam alat yang dapat digunakan untuk bersuci dan dikaitkan dengan kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari.
 - Secara kelompok siswa  menunjukkan tentang macam-macam alat bersuci.
- Guru meluruskan jawaban kelompok yang kurang benar.
Kegiatan Akhir :
- Guru menyimpulkan hasil diskusi dan siswa menyalin.
- Guru memberikan tugas untuk menghafal macam-macam alat yang dapat digunakan untuk bersuci.
- Pelajaran diakhiri dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam.

b. Pertemuan II              :
Kegiatan Awal :
- Mengkondisikan kelas/ruang belajar siap mulai belajar, misalnya: sikap siswa siap mulai   pelajaran.
- Mengawali denan mengucapkan salam dan berdo'a.
- Membaca Al Qur'an surat-surat pendek dengan tartil ( 5 – 10 menit )
- Tanya jawab tentang tata cara Bersuci.
Kegiatan Inti :
- Mendemontrasikan cara mensucikan kubul dan dubur setelah buang air kecil dan besar
  ( memakai peraga boneka  dan alat-alat untuk bersuci )
-  Siswa secara kelompok/individu memperagakan secara bersama-sama.
-  Menjelaskan dan Tanya jawab tetntang adab ketika buang air kecil dan besar.
- Melafalkan do'a masuk dan keluar WC.
- Guru membenahi bacaan do'a masuk dan keluar WC yang kurang benar.


Kegiatan Akhir :
- Guru menyimpulkan tata cara bersuci yang benar dan siswa menyalin.
- Guru memberi tugas untuk menghafalkan do'a ketika masuk dan keluar WC.
- Menugaskan siswa untuk menerapkan cara bersuci dalam kehidupan sehari-hari.
- Pelajaran diakhiri dengan bacaan Hamdalah, do'a dan salam.

6. Sumber/alat/bahan belajar :
                       Buku PAI Kelas I
                       Boneka, alat bersuci.
7. Penilaian :
             1. Proses
             2. Tes Lesan
              3. Tes Tulis



Mengetahui,
Kepala SD                                     



Magetan
Guru PAI






















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                               
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / I
Alokasi Waktu               : 6 X 35 menit (2X tatap muka)

1. Standar Kompeten
  : 5. Mengenal Rukun Islam
2. Kompetensi Dasar
: 5.1 Menirukan ucapan Rukun Islam
    5.2 Menghafal Rukun Islam
                       
3. Indikator       
: *  Menyebutkan lima rukun Islam
  *  Menunjukkan hafal lima rukun Islam

4. Materi Pokok
: Rukun Islam

5. Skenario Pembelajaran           :
            a. Pertemuan I               :
KEGIATAN AWAL
- Mengkondisikan kelas / ruang belajar & sikap anak
- Salam., do'a
- Membaca Al Qur'an surat pendek, do'a sehari-hari ( 5 – 10 menit )
- Mengaitkan materi yang diajarkan dengan kehidupan sehari-hari
- Tanya jawab tentang rukun Islam
KEGIATAN INTI
- Menirukan ucapan rukun Islam secara klasikan
- Menirukan ucapan rukun Islam secara kelompok
- Mengucapkan rukun Islam secara individu
- Menunjuk murid satu persatu untuk menghafal ke depan kelas
- Memberi tugas untuk menghafal di rumah
KEGIATAN AKHIR
- Guru menyimpulkan / menegaskan 5 urutan rukun Islam
- Guru menugaskan siswa untuk menghafal 5 rukun Islam di rumah.
- Pelajaran diakhiri dengan bacaan Hamdalan, do'a dan salam.

b. Pertemuan II              :
KEGIATAN AWAL
- Mengkondisikan kelas / ruang belajar & sikap anak
- Salam, do'a
- Membaca Al Qur'an surat pendek, do'a sehari-hari ( 5 – 10 menit )
- Appersepsi
KEGIATAN INTI
- Menghafalkan rukun Islam klasikal dengan lagu
- Menyanyikan rukun Islam secara kelompok.
- Menghafalkan lagu Rukun Islam secara individu ke depan kelas ( acak yang sudah hafal )
- Memberikan evaluasi dengan permainan kartu urutan 5 rukun Islam
 -Mengerjakan LKS secara kelompok.


KEGIATAN AKHIR
- Guru bersama murid menghafalkan rukun Islam secara klasikan dan urut
- Mengulang kembali lagu lima rukun Islam.
- Menugaskan kepada untuk menghafal urutan rukun Islam denan lagu

6.Sumber/alat/bahan belajar
  1. Buku PAI Kelas I
       2.   Peraga tulisan/Tulisan urutan rukun Islam

7. Penilaian
      1. Proses
         2. Tes Tulis



Mengetahui,
Kepala SD                                   


            Magetan
Guru PAI






























RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                     
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / II
Alokasi Waktu               : 12 X 35 menit (4X tatap muka)
Standar Kompetensi       : 6. Menghafal Al Quran Surat Surat Pendek
. Kompetensi Dasar
: 6.1 Menghafal QS Al-Kautsar dengan lancar
  6.2  Menghafal QS An-Nashr dengan lancar
    6.3  Menghafal QS Al-‘Ashr dengan lancar
                       
3. Indikator       
: * Melafalkan surat Al Kautsar
  * Menunjukkan hafal surat Al  Kautsar
  * Mengulang-ulang hafalan surat Al  Kautsar
  * Melafalkan surat An Nashr
  * Menunjukkan hafal surat An Nashr
  * Mengulang-ulang hafalan surat An Nashr
  * Melafalkan surat Al Ashr
  * Menunjukkan hafal surat Al Ashr
  * Mengulang-ulang hafalan surat Al  Ashr

4. Materi Pokok
: Q.S Al Kautsar
  Q.S. Al Nashr
  Q.S An ‘Ashr

5. Skenario Pembelajaran           :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mulai pelajaran dengan salam, basnalah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memberi motovasi kepada siswa untuk menghadapi materi surat Al Kautsar
- Pemberian tes awal :
        - Siapa yang dirumah mengaji ?
        - Siapa yang bias membaca surat Al Kautsar ?
II.Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Kautsar ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara klasikal siswa melafalkan surat Al Kautsar
- Guru membetulkan bacaan siswa yang kurang benar
- Siswa berlatih melafalkan surat Al Kautsar dalam kelompok masing-masing
- Guru menunjuk siswa untuk melafalkan surat Al Kautsar, siswa yang lain menirukan
III.Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir lesan :
   Surat Al Kautsar diturunkan di mana ?
    Surat Al kautsar ada berapa ayat
- Pemberian tugas :
   Siswa disuruh menghafal surat Al Kautsar di rumah dengan bantuan orang tua atau       keluarga lainnya.
-  Selingan lagu hamdalah
-  Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam





            b. Pertemuan II              :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa memulai pelajaran dengan bacaan salam, basmallah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memberian motivasi kepada siswa untuk menghadapi materi surat An Nashr
- Pemberian tes awal :
    - Siapa yang sudah pernah membaca surat An Nashr ?
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat An Nashr ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara klasikal siswa melafalkan surat An Nashr dengan benar
- Guru membenarkan bacaan siswa yang kurang benar
- Secara kelompok siswa melafalkan surat An Nashr berulang-ulang sampai hafal
- Guru menunjuk siswa untuk melafalkan surat An Nashr, siswa yang lain menirukan
Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir lesan :
    - Coba kamu hafalkan surat An Nashr
           
c.Pertemuan III              :
Kegiatan Awal:
- Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
-  Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
-  Memotivasi siswa untuk menerima materi
- Appersepsi :
- Siapa yang bisa atau pernah membaca surat Al Ashr
Kegiatan Inti :
- Guru melafalkan surat Al Ashr ayat demi ayat siswa menirukan
- Secara klasikal siswa melafalkan surat Al Ashr dengan benar
- Guru membenarkan bacaan siswa yang kurang benar
- Secara kelompok siswa melafalkan surat An Ashr berulang-ulang sampai hafal
- Guru menunjuk siswa untuk melafalkan surat Al Ashr, siswa yang lain menirukan
- Siswa secara klasikal mengulang kembali melafalkan surat Al Ashr
Kegiatan Akhir :
- Pemberian Tes Lesan :
    - Coba hafalkan surat Al Ashr
    - Berapa jumlah ayat surat Al Ashr ?
-  Pemberian Tugas :
   -  Menugasi siswa untuk menghafalkan surat Al Ashr di rumah dengan bimbingan    
      keluarga.
- Bersama siswa guru mengakhir pelajaran dengan hamdalah, do'a dan salam


            d.Pertemuan IV             :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memotivasi siswa untuk menerima materi
- Appersepsi :
   - Siapa yang bisa atau pernah membaca surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr
Kegiatan Inti :
- Guru menjelaskan tugas yang akan dikerjakan
- Secara klasikal siswa dengan guru menghafalkan surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr  dengan benar
- Secara individu siswa menghafalkan surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr
Kegiatan Akhir :
- Memberikan penekanan pada siswa agar menerapkan hafalan surat Al Kautsar, An Nashr dan Al Ashr dalam pengamalan shalat sehari - hari
            6. Sumber/Alat/Bahan pelajaran :
- Al Qur'an  dan Terjemahnya
- Buku PAI Kelas I
            - Guru PAI
7. Penilaian :
- Tes Lesan
- Tes Proses
- Tes Tulis



Mengetahui,
Kepala SD                                   


            Magetan           
Guru PAI




















RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                                
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / II
Alokasi Waktu               : 6 X 35 menit (2X tatap muka)

1. Standar Kompeten
  : 7. Mengenal dua kalimat syahadat
2. Kompetensi Dasar
: 7.1 Melafalkan syahadat tauhid dan syahadat rasul
7.2   Menghafal dua kalimat syahadat
  7.3 Mengartikan dua kalimat syahadat
                       
3. Indikator       
  • Melafalkan dua kalimat syahadat
  • Menunjukkan hafal dua kalimat syahadat
  • Mengartikan dua kalimat syahadat


4. Materi Pokok
: Syahadatain
                                                 
5. Skenario Pembelajaran           :
            a. Pertemuan I               :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memotivasi siswa agar siap menghadapi dan menerima pelajaran baru
- Appersepsi :
      - Siapa yang sudah bisa melafalkan dua kalimat syahadat ?
      - Apa arti dari dua kalimat syahadat itu ?
- Selingan yel-yel atau lagu : syahadat dan aku bersaksi
Kegiatan Inti :
- Penjelasan singkat oleh guru materi " Dua Kalimat Syahadat "
- Guru menggantungkan peraga yang berisi tulisan dua kalimat syahadat
- Guru membaca materi dua kalimat syahadat, siswa menirukan
- Siswa membentuk kelompok
- Setiap siswa berlatih melafalkan dua kalimat syahadat dalam kelompoknya masing-  masing, guru mengamati.
- Salah satu siswa mewakili kelompoknya untuk melafalkan dua kalimat syahadat dan kelompok yang lain menanggapi.
- Guru membetulkan bacaan dua kalimat syahadat yang kurang tepat
- Guru bersama siswa secara klasikal mengulang kembali bacaan dua kalimat syahadat
- Guru menyimpulkan materi dua kalimat syahadat.
Kegiatan Akhir :
- Pemberian tes akhir secara lesan :
  1. Apa arti syahadataian
  2. Asyhadu Alla Ilaha Illallah disebut bacaan syahadat apa ?
  3. Bagaimana bacaan syahadat rasul itu ?
- Pemberian tugas : Siswa diberi tugas untuk menghafalkan dua kalimah syahadat di   rumah.
- Selingan yel-yel atau lagu-lagu syukur / hamdalah
- Bersama siswa, guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdo'a dan salam.



            b. Pertemuan II              :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan salam, basmalah dan do'a
- Guru dan siswa tadarrus Al Qur'an bersama-sama ( 5 – 10 menit )
- Memotivasi siswa agar siap menerima pelajaran dua kalimah syahadat.
- Pemberian tes awal :
         - Siapa yang sudah hafal dua kalimat syahadat ?
         -  Bagaimana bacaan syahadat Tauhid  ?
Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat materi dua kalimat syahadat.
- Siswa mendiskusikan jawaban lembar kerja
- Masing-masing kelompok membacakan/melafalkan hasil kerjanya, kelompok yang lain menanggapi.
- Bersama-sama siswa guru menyimpulkan hasil kerja kelompok.
- Setiap siswa berlatih menghafalkan dua kalimah syahadat.
- Salah satu siswa mewakili kelompoknya mendemontrasikan dua kalimat syahadat, kelompok lainnya menanggapi.
- Guru dan siswa membetulkan hafalan yang kurang tepat.
-Guru bersama siswa menyimpulkan materi pokok pelejaran.

Kegiatan Akhir
- Guru menekankan kepada siswa untuk menghafalkan kembali dua kalimat syahadat      beserta artinya di rumah.
-  Bersama siswa guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, berdo'a dan salam.

6. Sumber / Alat / Bahan Pelajaran
  1. Tulisan Lafal Syahadatain
  2. Buku PAI kelas I
     

7. Penilaian
      1. Proses
      2. Lesan
      3. Tulis
      4. Proyek
      5. Produk


Magetan,                
Guru PAI


RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                 
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / II
Alokasi Waktu               : 12 X 35 menit (4X tatap muka)

1. Standar Kompeten
  :  8. Membiasakan perilaku terpuji
2. Kompetensi Dasar
 : 8.1 Menampilkan perilaku rajin
8.2   Menampilkan perilaku tolong-menolong
8.3   Menampilkan perilaku hormat terhadap orang tua
8.4   Menampilkan adab makan dan minum
   8.5 Menampilkan adab belajar
                       
3. Indikator       
·          Menunjukkan sikap rajin
·         Menyebutkan keuntungan orang yang rajin
·         Menyebutkan manfaat  tolong menolong
·         Menunjukkan sikap senang menyantuni orang yang tidak mampu
·         Menunjukkan rasa hormat terhadap orang tua
·         Menunjukkan kesabaran ketika   merawat orang tua diwaktu sakit
·         Mendo'akan kedua orang tua
·         Membaca basmalah dan do'a sebelum dan sesudah makan dan minum
·         Mencuci tangan sebelum dan sesudah makan
·         Menggunakan tangan kanan saat makan dan minum, tidak tergesa-gesa, dan tidak berlebihan
·         Berdo'a sebelum dan sesudah belajar
·         Mengulang pelajaran
  • Mengerjakan tugas sekolah 

4. Materi Pokok
: Perilaku terpuji
-    Rajin
-    Tolong menolong
-    Hormat terhadap orang tua
-    Adab makan dan minum
-    Adab belajar
                                                 
5. Skenario Pembelajaran           :
               a. Pertemuan I            :
Kegiatan Awal
 - Guru dan siswa mengawali pelajaran dengan membaca Basmalah
 - Guru bersama siswa tadarrus Al Qur'an selama 5-10 menit .
 - Appersepsi tentang materi rajin dan tolong menolong
Kegiatan Inti
-    Siswa bersama guru membahas tentang rajin dan tolong menolong.-
-    Tanya jawab tentang pentingnya rajin dan tolong menolong
-  Diskusi kelompok akibat malas dan tidak tolong menolong.
 -  Menyebutkan kegiatan positif anak di rumah
Kegiatan Akhir
 -  Bersama siswa guru menyimpulkan materi rajin dan tolong menolong.
 -  Guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah, do'a dan salam.

               b. Pertemuan II           :
Kegiatan Awal
- Bersama siswa guru mengawali pelajaran denngan basmalah & berdo'a
- Tadarrus Al Qur'an selama 5-10 menit
- Pemberian motovasi menghadapi materi hormat kepada orang tua.
Kegiatan Inti
- Menggali potensi, pengalaman siswa yang berhubungan dengan hormat kepada orang tua.
- Bermain peran sebagai orang tua dan anak.
- Tanya jawab tentang hasil permainan peran.
- Bimbingan do'a terhadap orang tua
- Penguatan materi tentang hormat kepada orang tua ( Cerita Al Qomah )
Kegiatan Akhir
- Menyimpulkan materi hormat kepada orang tua.
- Menyanyikan lagu, misalnya kasih ibu.
- Tugas membawa makanan untuk pertemuan yang akan datang.
- Mengakhiri pelajaran dengan bacaan hamdalah dan salam.

               c. Pertemuan III          :
Kegiatan Awal :
- Guru bersama siswa mengawali dengan mengucapkan Salam dan  Basmalah serta berdo'a.
-  Guru mengajak siswa untuk melihat gambar seorang anak yang sedang makan dan minum.
-  Tanya jawab tentang adab makan dan minum
Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat tentang adab makan dan minum
- Guru membaca doa sebelum makan dengan benar untuk ditirukan siswa secara langsung.
- Guru memberikan lembar tugas kelompok dan masing-masing kelompok menulis adab makan dan minum.
- Guru dan siswa menyimpulkan hasil keja siswa.
- Peragaan adab amakan dan minum
- Penilaian hasil kerja siswa
- Kesimpulan akhir dalam bentuk rangkuman tentang adab makan dan minum.
Kegiatan Akhir
- Pemberian tugas rumah menghafalkan doa sebelum & sesudah makan dan mempraktekkan adab makan dan minum.
- Bersama siswa, guru mengakhiri pelajaran dengan bacaan Hamdalah dan salam.

               d. Pertemuan IV         :
Kegiatan Awal
-  Guru bersama siswa mengawali pelajaran dengan bacaan salam, Basmalah dan berdo'a
-  Menyanyi " Lagu wajib Belajar "
-  Appersepsi :

Kegiatan Inti
- Penjelasan singkat tentang materi belajar.
- Bimbingan membaca do'a sebelum dan sesudah belajar
- Siswa membaca do'a satu persatu dengan artinya atas bimbingan guru
- Mengerjakan lembar kerja dalam kelompok yang berhubungan dengan  adab belajar
- Masing-masing kelompok melaporkan hasil kerjanya, dan kelompok lain menanggapi.
- Pengklasifikasian dan penilaian hasil kerja kelompok.
- Pemajangan hasil kerja kelompok.
- Guru bersama siswa menyimpulkan materi adab belajar dalam bentuk rangkuman.

Kegiatan Akhir
- Pemberitahuan ulang formatif pada pertemuan yang akan datang.
- Menyanyikan lagu " Hamdalah "
- Guru bersama siswa mengakhiri pelajaran dengan bacaan Hamdalah,  berdoa dan salam.

6.   Sumber/Alat/Bahan Pelajaran:
- Buku PAI Kelas I
- Guru PAI


7.   Penilaian :
-  Tes Tulis
 -  Penugasan
    -  Performence






Mengetahui,
Kepala SD                              



Magetan,                
Guru PAI













RENCANA  PELAKSANAAN  PEMBELAJARAN

Sekolah                                    : SD                                  
Mata Pelajaran              : Pendidikan Agama Islam
Kelas / Semester           : 1 / II
Alokasi Waktu               : 9 X 35 menit (3X tatap muka)

1. Standar Kompeten
  : 9. Membiasakan bersuci (thaharah) 
2. Kompetensi Dasar
: 9.1  Menyebutkan tata cara berwudlu
  9.2 Mempraktekkan tata cara berwudlu
                       
3. Indikator       
 : *  Melafalkan niat berwudhu
   *  Menyebutkan urutan berwudhu  dengan tertib
   *  Praktek berwudlu

4. Materi Pokok
: Bersuci / Thaharah / Berwudhu

5. Skenario Pembelajaran           :
               a. Pertemuan I            :
Kegiatan Awal
-  Mengkondisikan ruang kelas / ruang belajar dan sikap anak.
- Guru mengawali pelajaran dengan mengucap salam dan do'a
- Membaca Al Qur'an surat-surat pendek, do'a sehari-hari ( 5 – 10 menit )
- Mengkaitkan materi dalam kehidupan sehari-hari
- Tanya jawab tentang berwudhu.
Kegiatan Inti
-  Guru memberi contoh yang baik cara membaca niat wudhu
- Siswa mendengarkan sambil memperhatikan dengan tekun penjelasan guru tentang :   Rukun Wudhu.
- Siswa menyebutkan rukun wudhu secara berurutan, guru mengadakan tanya jawab   tentang rukun wudhu.
-  Guru melanjutkan penjelasan tentang " sunah wudhu "
-  Guru menjelaskan denan memperagakan satu persatu urutan wudhu
- Guru mengajak siswa untuk bersama-sama menirukan urutan wudhu berulang-ulang secara klasikal /individu
Kegiatan Akhir
- Tugas : - Siswa diharapkan meminta bantuan kepada orang tua tentang berwudhu yang benar.

               b. Pertemuan II           :
 Kegiatan Awal :
- Guru  menciptakan situasi belajar mengajar dengan memberikan motivasi agar siswa siap menghadapi dan menerima pelajaran
- Guru mengawali pelajaran dengan mengucap salam, do'a bersama-sama dengan siswa.
 Kegiatan Inti
- Membentuk kelompok untuk mengingat kembali urutan wudhu
- Guru membantu dan membenarkan dengan mengulang kembali
- Siswa mampu menghafal urutan wudhu, guru melanjutkan dengan praktek wudhu.
- Guru memberi contoh, siswa memperhatikan dan menirukan.
- Guru mengadakn tanya jawab kepada siswa tentang urutan wudhu yang baik dan benar.



Kegiatan Akhir
- Siswa di rumah diharapkan mempraktekkan wudhu dengan bantuan orang tua
- Siswa dianjurkan berwudhu setia mandi
- Siswa dianjurkan berwudhu sesuai dengan rukun dan sunahnya.

               c. Pertemuan III          :
Kegiatan Awal
- Mengkondisikan ruang kelas/ruang belajar dan sikap anak.
- Salam dan do'a
- Membaca Al Qur'an surat – surat pendek dan do'a sehari-hari ( 5 – 10 menit )
- Appersepsi
 Kegiatan Inti
- Mengulang kembali niat wudhu secara klasikal
- Mengulang kembali gerakan urutan wudhu secara klasikal ( rukun dan sunahnya )
- Mengajak siswa untuk memperhatikan guru memberi contoh praktek wudhu di tempat   wudhu.
- Secara acak siswa ditunjuk untuk mempraktekkan wudhu.
- Mengerjakan LKS
Kegiatan Akhir
- Mengugaskan siswa untuk mempraktekkan wudhu di rumah dibawah bimbingan orang  tua dengan benar.

6.Sumber / Alat / Bahan Pelajaran
-    Buku PAI Kelas I
-    BukuTuntunan wudhu
-    Gambar orang wudhu
-  CD orang berwudhu

7.   Penilaian
- Proses
- Praktek
- Tulis
              

Mengetahui,
Kepala SD                               


            Magetan             
Guru PAI




NB. Harap ditambah  : Tujuan Pembelajaran untuk tiap – tiap SK. Diletakkan dibawah indikator !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar